#HealthyAdult: PIVOT from Fantasy to Reality, Confusion to Clarity, Isolation to Connection

#HealthyAdult: PIVOT from Fantasy to Reality, Confusion to Clarity, Isolation to Connection

Ekonomi Bagaimana dengan anak muda yang lebih banyak menggunakan produk import dari pada produk dalam negeri yang berkualitas

Bagaimana dengan anak muda yang lebih banyak menggunakan produk import dari pada produk dalam negeri yang berkualitas

Jawaban:

Manfaat Menggunakan Produk Dalam Negeri

Sebenarnya, selain yang telah digambarkan di atas, apa saja manfaat jika kita bangga terhadap produk negeri sendiri? Dikutip dari berbagai sumber, manfaat yang diperoleh jika kita semakin bangga terhadap produk negeri sendiri adalah:

- Produksi dalam negeri meningkat

- Menambah besar skala usaha dalam negeri

- Menambah jumlah investasi di Indonesia

- Meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan

- Mengurangi angka kemiskinan dan kriminalitas

- Menambah jumlah pendapatan nasional

- Meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara

- Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

- Produk Indonesia menjadi tuan rumah sekaligus raja di negeri sendiri

- Negara kita akan menjadi negara maju

- Semakin meningkatkan kebanggaan warga terhadap produk sendiri

- Negara kita semakin bermartabat di mata negara lain

Nah, ternyata keren kan, jika kita bangga dengan produk dalam negeri? Banyak sekali manfaat yang dapat kita petik, tidak hanya manfaat sesaat, tetapi seperti efek “bola salju” yang bergulir semakin jauh dan membesar. Kebanggaan kita terhadap produk negeri sendiri akan menimbulkan berbagai efek positif, mulai dari sisi perusahaan, dimana dengan dibelinya produk yang dibuat maka akan semakin membuat perusahaan tersebut dapat meningkatkan kualitas produknya, sehingga produk yang dijual akan semakin mengalami peningkatan kualitas. Kemudian, perusahaan akan semakin besar, yang tentunya akan semakin menyerap banyak tenaga kerja. Semakin banyak tenaga kerja berarti akan mengurangi jumlah pengangguran, serta memperkuat perekonomian bangsa karena masyarakat memiliki daya beli yang tinggi. Uang akan lebih banyak berputar di negara kita, sehingga daya beli masyarakat meningkat. Kemudian, investor juga akan lebih tertarik untuk berinvestasi di Indonesia, karena negara kita dengan jumlah penduduk hampir 250 juta merupakan pasar yang sangat seksi. Jumlah penduduk yang sangat banyak, ditambah dengan kondisi mereka yang loyal terhadap produk dalam negeri, akan membuat investor berdatangan untuk membuat produk yang “Made in Indonesia”. Pada akhirnya, negara kita akan menjadi negara besar yang disegani oleh negara lain, seperti halnya negara-negara Asia lainnya, Jepang dan Korea. Tentu kita mau kan, negara kita menjadi negara yang disegani oleh orang lain?

[answer.2.content]